Friday, January 22, 2010

Michael D. Ruslim

Kemaren, di koran Kompas, pada berlembar-lembar halaman (yang banyak banget dan pasti sangat mahal sekali itu, trus kayaknya sepanjang baca koran, ungkapan duka terbanyak yang pernah gw lihat adalah yang kali ini), ada ungkapan duka tentang meninggalnya Presiden Direktur PT Astra International, Bapak Michael D. Ruslim pada tanggal 20 Januari 2010.

Well, tentu aja, gw ga kenal orangnya. Dan berhubung gw ga kenal, gw ga ikut merasakan apa yang dirasakan sama orang-orang yang kenal sama beliau (keluarga, kerabat, rekanan, bawahan, teman, dll.). Tapi, satu yang gw tahu adalah bahwa Bapak Michael D. Ruslim ini pasti orang yang 'hebat' banget sampai ungkapan duka yang ditujukan buat beliau sampai ada sebegitu banyaknya di koran Kompas.

Dan tadi, pas baca Kompas lagi, masih ada beberapa ungkapan duka untuk beliau dan ada artikel tentang beliau. Menurut artikel itu, sebagai pemimpin, beliau adalah orang yang benar-benar bersahaja terhadap orang lain (bawahan maupun rekanan) dan kompeten sebagai pemimpin perusahan yang begitu besar. Yah.., pantas saja ada sebegitu banyaknya ungkapan duka teruntuk beliau.

Pas ngelihat sebanyak itu ungkapan duka untuk beliau, rasanya 'wah' banget tahu bahwa ada orang yang meskipun sudah 'pergi' masih dikenang, dihormati, disayangi, dikagumi oleh sebegitu banyaknya orang. Dan semua itu di usianya yang ke-56, usia yang bagi gw masih belum se'tua' itu untuk meraih sukses yang se'besar' itu.

Dan yang ada dalam pikiran gw adalah gw pengen jadi orang yang kayak gitu. Orang yang udah memberi, melayani, mengasihi sesamanya. Orang yang diingat sama orang karena apa yang telah dilakukannya pas dia masih 'ada' berkesan dan membekas dalam hati, karena apa yang dilakukannya terlalu indah untuk dilupakan begitu saja. Orang yang dikenang karena dirinya memang pantas untuk dikenang.

Saat gw udah 'pergi' ninggalin dunia ini, gw pengen kayak beliau, ada yang masang begitu banyak ungkapan duka buat gw (sebenernya sih, gw prefer kalo tuh duit buat disumbangin buat orang-orang kurang mampu aja). Gw pengen saat gw meninggal nanti, saat jiwa gw udah ninggalin raga gw, gw pengen semua orang masih inget sama gw, mengenang gw atas semua hal yang udah gw lakuin, gw kerjakan, gw berikan, gw usahakan. Mengenang gw atas diri gw sendiri. Mengenang gw karena gw adalah sosok yang begitu 'wah'.

Yah.., semua orang punya impiannya masing-masing. Dan salah satu impian terbaru gw adalah gw pengen saat gw meninggal nanti, gw kayak Bapak Michael D. Ruslim.

By the way, sejak gw baca begitu banyak ungkapan duka untuk beliau, gw mulai wondering, sebenarnya, nama lengkap beliau apa, berhubung D di begitu banyak berita itu ga pernah terurai.

1 comment:

Onaycool Bangetzzzz...... said...

D itu Darmawan...
nama lengkap dia Michael Darmawan Ruslim....