Friday, January 15, 2010

waiting in the dark

Satu hal yang paling nyebelin adalah nunggu dalam kegelapan. Penantian yang tanpa kepastian. Penantian tanpa kejelasan. Penantian tanpa batas waktu.

Satu hal yang gw tahu, semua penantian tanpa batas waktu ini ngebuat gw jadi stres. Depresi. Gila. Panik. Dan satu hal yang paling gw sebel, bikin gw jadi cengeng.

Penantian yang rasanya ga bakal berujung ini ngebuat gw gila. Karena terlalu lama menanti, waktu yang ada tuh jadi terasa kosong. Dalam kekosongan itu, gw jadi kebanyakan mikir. Dan kalau udah kebanyakan mikir, gw jadi panik. Dan kalau udah panik, gw jadi cengeng, bawaannya pengen nangis mulu.

Hal lain dari penantian adalah bikin gendut. Ketika gw stres, bawaan gw pasti pengen makan mulu. Dan kalau gw udah stres, bawaannya ga bisa tidur. Dan menurut bacaan-bacaan ilmiah, kurangnya tidur atau gangguan tidur berakibat munculnya nafsu makan yang lebih besar. Dan tentu aja, hal itu bisa menyebabkan naiknya berat badan. Dan menurut bacaan-bacaan ilmiah juga, obesitas menyebabkan gangguan tidur dan gangguan tidur menyebabkan obesitas. Lingkaran setan berputar.

Semua penantian yang terasa ga berujung ini ngebuat gw mikirin banyak hal. Apa ini memang takdir gw? Apa gw salah ngambil langkah? Apa gw salah ngebaca petunjuk arah takdir gw? Apa memang gw ga sanggup ngejalanin apa yang ada di depan nanti, jadinya Tuhan ngasih gw tanda buat milih jalan lain yang lebih baik buat gw? Apa, apa, apa. Apa???!

Menurut yang gw tahu, emang pada dasarnya, semua orang ga suka disuruh nunggu. Apalagi dipaksa nunggu. Semenit lah, 10 menit lah, berapa lama pun. Dan yang gw tahu, orang-orang lebih ga suka lagi disuruh nunggu dalam ketidakjelasan. Katanya cuma semenit ternyata sejam, katanya sebentar tapi bisa lama banget.

Satu hal yang gw takutin adalah gw bakal nunggu terlalu lama. Kalau katanya cuma semenit ternyata sejam dan kalau katanya sebentar tapi bisa lama banget, semuanya masih bisa gw tanggung. Tapi kalau katanya sebentar lagi tapi ternyata ga pernah dateng??!

Gw rasanya stuck banget. Gw memang nunggu dalam kegelapan. Tapi telinga gw masih bisa denger, mata gw masih bisa ngelihat, mulut gw masih bisa bicara, hati gw masih bisa ngerasa. Semua orang di sekeliling gw punya suara masing-masing. Gw denger, yang satu ngomong ini, yang satu ngomong itu. Gw lihat, yang satu berusaha ngedukung, yang satu ngeraguin gw. Gw ngomong, yang satu denger ini, yang satu denger itu. Gw ngerasa, yang satu berusaha ngebuat gw lebih kuat, yang satu berusaha nahan gw di tempat.

Dan dari semua itu, satu hal yang gw tahu, gw stuck disini. Di tengah-tengah ketidakpastian yang entah kapan pastinya, kalau gw jadi bingung. Gw jadi ga tahu gw harus tetap nunggu atau gw harus keluar dari penantian ini. Gw jadi ga tahu gw harus maju atau mundur. Gw ga tau gw harus nyerah atau tetap berjuang.

I'm stuck and I'm blank.

No comments: