Thursday, April 28, 2011

masa reformasi, perjuangan, bangsa Indonesia n blabla

Kalo dilihat-lihat, dunia perbloggingan gw terlihat menyedihkan banget =P. Berhubung sekarang si blogger.com ngasih lihat statistik view blog kita, gw sekarang bisa lihat (sebenernya gw sadar sih sebelumnya) kalo banyak orang yang ngeview blog gw gara-gara ada bekas tukas pelajaran gw pas SMA yang gw masukin kesini.

Buat gw pribadi, gw suka belajar. Yah.., ada masanya dimana orang males sekolah n dll. Tapi intinya, kalo mau dirasa-rasa, gw suka belajar dan gw suka sekolah (temen, guru, suasananya, rutinitasnya, dll.), apalagi pas ngerasain stress pas dah sampe ke deadline ngumpulin tugas. Rasanya ribet sendiri nyari sumber, mikirin gimana bikin opini yang bisa kelihatan 'keren', mikirin gimana nyusun kata-katanya, mikirin musti sepanjang apa, mikirin formatnya, dll.

Kayak yang kita semua udah tahu, plagiarisme bukan salah satu hal yang 'disebut-sebut' di Indonesia (yahh.., gw emang cuma sekolah di Jakarta sih, kalau generalisasinya terlampau batas, saya minta maaf). Kadang, emang ada sekolah yang nekanin banget tentang hal ini, tapi kalau dilihat secara umum, kayaknya kurang ditekankan.

Menurut gw, plagiarisme itu mm....

Gw kalau ngerjain tugas, juga pasti nyomot sana-sini dari internet, tapi gw tuh berusaha supaya di tulisannya tuh improve n ga stuck cuma disitu. Emang sih, kadang-kadang gw juga lupa buat nulis sumber n semacemnya, tapi gw berusaha buat selalu nyantumin si sumber. Gw juga pernah nyontek pas ngerjain ulangan atau pr, tapi ketika gw cukup 'ngerti', gw tahu batas gw dan kapan harus berhenti.

Tapi gw juga tahu kalo banyak orang yang asal nyomot dari satu sumber, copas (copy-paste) doank, kadang ga pake dibaca dulu ato diedit ato diapain dulu n langsung di print buat dikumpul. Jujur sih, itu cara yang ga professional banget (soalnya kadang link yang warna biru dari Wikipedia masih ada, formatnya berantakan, hurufnya kadang kecampur sama tanda-entah-apa-itu, dll. Kadang juga ada orang yang kalau nyontek ulangan atau tugas, ga kira-kira, tiap titik koma diikutin sampe gurunya juga tahu (at least, kalau mau nyontek, nyontek intinya aja lah, masa sampe titik koma juga dicontek -.-).

Gw harap sih, yang nyomot-nyomot dari artikel gw ga cuma asal copas dan bahkan ga tahu apa yang ditulis disana. Anyway, tugas itu sendiri tentang masa reformasi, masa dimana bangsa kita ngerubah hal-hal yang dianggap 'lama' menjadi hal-hal yang 'baru'. Masa sih sampe sekarang kita ga bisa berkembang menjadi bangsa yang lebih baik, yang lebih punya integritas, yang 'lebih' berjuang buat bangsanya sendiri.

Kalau soal copyright, gw rasa semua orang ngertilah gimana rasanya ketika orang lain ngatas-namakan barang kita atas namanya sendiri dan lagian, gw rasa, tulisan gw belum sampe seberharga itu untuk minta ganti rugi dll. =P.

Yah.., bagaimanapun, kita terlahir dengan otak dan segala macam pelengkapnya. Jadi, gw yakin kalo kita, pada suatu titik dalam hidup kita, bisa ngambil keputusan yang sebaik mungkin buat diri kita sendiri.

1 comment:

mike said...

like this. Memang sih tergantung orang yang nganngep plagiat tuh apa ya.

kalo bisa copas asaL-asalan dan ternyata dia lebih sukses dari kita yang pertama kali ya itu emang tandanya rezekinya dia hahahaha. :P