Sunday, May 11, 2008

pelatihan jurnalistik, pengamen anak-anak, nonton Thomas Uber

Hari ini, ikut pelatihan jurnalistik di Warta Kota, mulainya jam 10 pagi.

Dari awal rencana, perginya naek bus kesono trus baru lanjut lagi naek Transjakarta. Yang ikut, dua orang (termasuk gw), gara2 rumah satu sama laen ga deket, jadilah kita be2 ketemuannya tuh di halte Transjakarta.

Awalnya, niatnya pegi ndiri naek bus ampe ke Stasiun Kota, tapi berhubung nyokap mo ikut nganter n skalian jalan2 di sekitar, jadilah be2 bareng nyokap naek bus ampe ke Stasiun Kota. Trus ampe disono, nyari tempet nyebrang bawah tanah (tau dari temen, kalo mo nyebrang ke halte Transjakarta, musti masuk ke bawah tanah dulu), dicari2 ga ada (ga kliatan), akhirnya, nyebrang ke sebrang n ditunjukin sama petugas Transjakarta tempet nyebrangnya, pas selese nyebrang, pas banget, ketemu sama si temen yang baru turun dari bajaj...

Naek dari halte Stasiun Kota n turun di halte Olimo, Warta Kota ada pas di sebrang halte Olimo, jadilah kita ber3 menyebrang bareng2 melalui jembatan penyebrangan ke sebrang. Sampe depen gerbang Warta Kota n masuk ke dalem sedikit n nyampe di depen bangunan kecil, nyokap pegi entah-kemana-itu (berhubung dulu dia skolah di deket2 sono n tau jalan sono n berhubung temennya ada yang tinggal disono) n kita be2 masuk ke dalem.

Di dalem ketemu sama seorang bapak (yang kemudian diketahui sebagai ketua diklat ato semacamnya), basa basi sebentar n akhirnya masuk ke ruangan kecil yang ada meja, kursi, papan tulis, mesin ketik, rak buku, komputer.

Pertama-tama, agak bingung gitu deh (berhubung dah dikasi tau kalo mungkin bakal agak rame tapi ternyata sama sekali ngga karena cuma ada kita be2 doank);
kedua, agak2 grogi gitu deh (berhubung cuma be2 n blom kenal sama si bapak n ga jelas musti ngapain disono);
ketiga, agak2 janggal gitu deh (berhubung basa basi nya lumayan panjang juga);
keempat, agak2 bosen gitu deh (berhubung ngomongin teori jurnalistik dll n cara ngomong si bapak yang agak2 monoton, pas ada satu temen --yang tahun lalu dah ikut-- dateng, lumayan ada pencerahan lah); ...;
terakhir, lega, akhirnya selese juga hari itu, ditutup pake makan n dikasi peer...

---

Pas pulang, naek mikrolet ampe ke sebrangnya Stasiun Kota, berpisah ma si temen yang pulang ke tempetnya naek bajaj lagi, n kita be2 naek bus lagi ampe ke gang depen rumah.

Di dalem bus, pas dah duduk (di deret ketiga di belakang kursi si supir), gw ngeliat n ngedenger anak kecil yang lagi nyanyi di depen pintu bus bagian depen, penampilannya lusuh (ga pake alas kaki, pakaiannya kotor) khas anak-anak jalanan. Sambil nepuk2 tangannya sambil nyanyi. Arah pandang matanya kayak lagi menerawang. Suaranya serak2. Kalo ga salah, dia nyanyi lagunya Raja (ato Radja sih nulisnya?), judulnya ga tau apa (berhubung bukan pendengar setia lagu2 INA).

Pas gw ngelihat n ngedenger dia, rasanya tuh super banget deh. Miris. Sedih. Kecewa. Rasanya air mata udah ada di pelupuk mata, siap buat ngeluncur bebas di pipi (untungnya engga, berhubung gw ga rela kalo musti nangis depen orang banyak di dalem bus).

Saat itu, gw langsung mikir gini:
kasian banget tuh anak kecil palingan seumur sepupu gw yang masih kelas 2 SD;
suaranya lumayan juga;
dulu pas gw umur segitu, gw lg ngapain ya?;
kalo gw yang kayak gitu gimana ya?;
kenapa anak sekecil itu musti ngamen sih? (yah, meskipun gw tau kalo banyak anak2 kayak dia)...

Yang lebih parah dari pengen nangis (berhubung gw sama sekali bukan orang sentimentil), gw ngerasa kayaknya tuh gw pengen meluk tuh anak (parah banget kan?!!).

Yah, bukannya gw ga pernah ngelihat pengamen ato apa, tapi entah kenapa, saat itu, gw ngerasa kayak gitu...

---

Pulang ke rumah, dengan perasaan super sesak, gw berharap bakal nonton Thomas Uber (gw udah nanti2in ini sejak kemaren). Ternyata, tv rumah gw ga bisa nonton berhubung masih disambungin sama kabel tv dari tv kabel langganan. Alhasil, butuh antena.

Dan om gw lah yang jadi teknisi antena. Pas masang antena di bawah, ga bisa. Udah dicoba lumayan lama (ampe2 gw mikir kalo mungkin pertandingannya dah selese baru bisa nonton kali). Akhirnya, pindah ke atas, dicoba punya dicoba, untungnya bisa meskipun masih burem2 ga jelas n suaranya parah banget.

Parahnya, gw malah ga nonton.

No comments: