Tuesday, November 4, 2008

'don't judge a book by its cover'

Kata-kata itu sering banget diucapin sama orang-orang. Dan tentu aja, hal itu emang bener adanya (kalo ngga, ga bakal banyak yang ngucapin). Contohnya kayak penampilan seseorang yang super kucel kusam dan sejenisnya, bisa aja ternyata dia tuh orangnya ternyata 'wah', padahal sebelumnya kita ngata-ngatain dia ini-itu; trus bisa aja cewek yang dibilang paling cantik blabla di sekolah ternyata malah ular berkepala sepuluh.

Well, emang sih, ada momennya juga dimana kalimat itu ga sepenuhnya bener. Contohnya kayak beli buku di toko buku yang covernya tuh menarik hati banget, eh ternyata setelah dibaca baru beberapa lembar aja ternyata malah super mengecewakan; trus berandalan di jalan yang ternyata hidupnya sebenernya kaya di luar kota.

***

Satu hal yang gw tahu adalah kalo gw tahu kalo kalimat itu ada kalanya bener dan ada kalanya salah, sama kayak yang (hampir) semua orang tahu. Tapi, tentu aja, sebagai manusia, gw suka terlalu sering 'judge a book by its cover'.

Baru-baru ini (well, bukan 'baru-baru ini' baru-baru ini, tapi 'baru-baru ini' baru-baru ini -- bingung ya? =P), gw terlalu sering nge-judge something as fast as I could, as rude as I could as my eyes saw it.

Pokoknya tuh, asal ada orang yang lewat di depan mata gw tuh orangnya 'ga banget', mulut gw langsung ngucapin beberapa kata 'jahat' (ga jahat2 banget sih, tapi sebenernya ga perlu banget diomongin berhubung orang yang dikata2in tuh sebenernya ga penting banget) ato ga, mata gw ngikutin tuh orang dengan 'sinis'-nya ampe tuh orang menghilang di sudut mata (kadang-kadang ampe tuh orang menghilang di tikungan ato smacemnya).

Mikir-mikir lagi, gw tuh tau sebenernya gw tuh harusnya ga kayak gitu. Tapi, entah mengapa bagaimana, 'mood'-nya lagi pengen judge semua orang begitu aja, without thingking over it first.

***

Trus, ga lama sebelum ini, gw juga disadarin kalo hidup emang ga se-'mudah' yang gw punya (gw tau kao hidup itu bisa susah-susah gampang sebelumnya, tapi makin tau karena somehow, it has never been so damn close to my life before). Well, bukannya hidup gw super enak banget, tapi paling engga, there's money to waste by the time we need to.

Dari apa yang gw lihat (paling ngga dari apa yang gw denger), si 'dia' yang kliatannya tuh sometimes nyebelin banget, ternyata there's something behind it. (Hampir) selalu ada alasan untuk sesuatu, (hampir) ga ada hal yang terjadi begitu aja. And yang menyedihkan adalah sometimes people just do ignore that fact and do the judgement.

Si 'dia', yang gw kadang2 sebelin, ternyata keluarganya tuh ada banyak ini-itu nya. Dan yang gw sesalkan, kenapa gw meskipun udah tau itu dari dulu ga bisa 'simpatik' dari dulu.

***

Somehow, it feels like the 'don't judge a book by its cover' doesn't right anymore.

Better if it turns into 'judge the book, keep it in your mind first, process it deeply and thoroughly, think over your judgement'.

2 comments:

Anonymous said...

kalo orgnya OUIL
kita judge by it's cover gak?
^^

Anonymous said...

si 'dia' itu yg sering kta diskusikan bareng ya^^?
mang kenapa lagi sih?