Saturday, November 8, 2008

gimana rasanya punya psoriasis?

Well, bintik2 yg gw derita sekarang ini (dimulai sejak entah kapan itu--saking lamanya gw dah lupa persisnya kapan) bernama Psoriasis guttata (tentu aja namanya dateng dari mulut si dokter, gw ga tau si dokter kasih diagnosis yang bener ato salah).

Sejak gw tau nama tuh penyakit, gw mulai nge-browse di internet soal tuh penyakit. Siapa sih ya ga bakal ketika dapet something like this?
Well, satu hal yang gw tau tentang penyakit kayak beginian adalah bahwa mereka punya nama yang super keren.
Psoriasis guttata, Psoriasis guttata, Psoriasis guttata...
Makin lama gw liat plus gw spell dalem otak gw, nama itu makin lama makin keren aja..
(I'm sick, I know)

Satu hal yang ada di setiap website yang gw kunjungin yang memuat tentang Psoriasis ini yaitu bahwa penyakit ini incurable. WTF!!!?
Incurable, incurable, incurable...
Itu rasa-rasanya menggema di kepala gw pas pertama kali baca tuh kata di website.
Tentu aja, rasanya shock banget banget banget. Sapa yang ngga akan coba?
Gw baru pulang dari dokter, dengan semua bintik-bintik merah yang lagi parah-parahnya nyebar di satu badan gw, perasaan desperate mulai dari fisik ampe mental, dan ampe rumah gw musti tau kalo tuh penyakit incurable. INCURABLE!! Such a mean word, isn't it? (Well, in fact that HIV/AIDS is starting to be curable).

Baca punya baca, ada satu orang di Eropa yang juga punya penyakit ini. Tapi dengan jenis yang beda, kalo gw punya segede-gede drops of water (seinget gw sih website-website ngejelasinnya kayak gitu), dia punya tuh lebih gede berkali-kali.
Di website-nya, dia cerita kalo dia pertama kali tau juga ribet banget cari dokter, sampe akhirnya ketemu dokter yang tepat, trus dia juga ngalamin yang namanya 'kemaluan' pas jalan-jalan di ruang terbuka untuk umum. Well, anyone would do when they got Psoriasis.
Mirip-mirip gitu deh nasib-nasibnya.

Selama punya Psoriasis ini, gw ga boleh keringetan, ga boleh makan-makanan seafood (gw ampe eneg banget kalo liat udang, bukannya pengen makan, malah ngeri ndiri skrg) plus gorengan (dah ga napsu d gw) plus telor (anti banget deh gw) plus kacang (bodo amat deh, jarang makan ini) plus kecap (supaya ga berbekas katanya), ga bole stress (sapa yang ngga coba? tiap kali ngeliat tuh bintik-bintik yang ga hilang-hilang, stress gimana ga muncul coba?), harus rajin pake obat (ampe badan gw lengket mulu sama obat, lotion, bedak, ampe eneg ndiri gw).

Trus gw tuh skrg rasa-rasanya capekkkkkkkk banget. Gw musti potong jam tidur gw demi pake obat di pagi hari abis mandi. Gw mandi skitar 20 menit-an plus pake obat yang skitar 30-45 menit an, total gw di kamar mandi tuh skitar satu jam-an.
Trus hal laen yang bikin capek tuh karena kalo gw tidur dan kaki tangan gw dikasi obat, berarti gw tidurnya musti diem aja berhubung kalo gerak bisa-bisa nyia-nyiain obat gw yang berharga.
Trus capek hati. Berhubung nih penyakit bener-bener geje, dia bisa tumbuh seenaknya tiba-tiba. Yang tadinya udah baek-baek aja, tiba-tiba muncul, kadang-kadang di beberapa tempat sekaligus, gimana gw ga capek hati coba?

Awalnya, gw bener-bener males banget sama nih bintik-bintik. Gw mikir, dosa apa gw ampe musti dapet karma kejam kayak gini? Emangnya gw pernah jahatin orang apa?!! Trus belum lagi malunya kalo jalan-jalan di tempet umum, rasanya tuh you're in the spotlight, every eye on you. Trus panicky kalo si bintik-bintik muncul yang baru lagi. Trus jadi gampang nangis gara-gara mikirin bintik-bintik yang ga ilang-ilang juga. Trus jadi parno kalo di tempat-tempat yang banyak orangnya berhubung ngeri kalo bisa-bisa si bintik muncul lagi. Intinya bener-bener a break down deh buat gw.
Setelah beberapa lama, setelah bintik-bintik yang merah-merah udah mereda dan udah ga sekasar dulu, gw mulai rising up again. Makin lama tuh makin pasrah aja. Well, ini emang ga bisa lu apa-apain lagi, jadi mo apa lagi? Ke dokter udah, disuntik udah entah berapa ratus kali, minum obat udah (ampe gw takut gagal ginjal), pake obat salep plus lotion (ampe badan gw lengket-lengket). Satu hal yang bisa dilakuin adalah, let it go, let it just do flow, just let the dearest God do his will and pull away my burden.
But, yeah, I must admit that sometimes, there's still a break-down (a little one), pull out some tears, makes me over-sensitive.

Akhir kata, satu hal yang bisa dibanggain dari punya Psoriasis adalah ini ngejadiin gw masuk dalam kelompok 1-2% orang di dunia yang menderita Prsoriasis.
I'm so damn special.

4 comments:

Anonymous said...

Wah, koq bis kena penyakit ituh yah Shel?
Beneran gak bisa disembuhin?

Anonymous said...

keren juga ya namanya

Calvin said...

Shellll....
Apa u segitu yakinnya lu kena psoriasis?
Saran gw, lu cek yang bener2 cek deh.
Gw harap sih lu cepet sembuh...
Sebagai tman yg ngertiin temen, gw saranin sih lu mendingan cek ke singap deh...
Lu taw sendiri kan Indo gmana kadang??

mox said...

shell, may i join with you as a part of people who has greatful life with this disease...

May God gives us strange and patience moving on our life ahead,,