Friday, November 28, 2008

ulum. ulum. ulum.

Setelah skitar 4 semester ga pernah ulangan umum alias ulum alias ujian akhir semester, angkatan gw akhirnya ulum lagi di semester lima ini. Bayangin aja, ini tahun terakhir kita2 di SMA dan kita harus dihadepin sama ulum (yang ga pernah dilaksanain ke kita2 sejak pertama kali menginjakan kaki di SMA Tarakanita 2 tercinta), belon lagi plus kebijakan masuk sekolah jam 06.30 (well, tahun terakhir macam apa ini?!!).

Hari pertama ulangan umum

Ulangan umum dimulai hari Kamis, 27 November 2008.

Jadwalnya itu ujian Bahasa Indonesia dari jam 07.30 sampe jam 09.30 dan ujian Pendidikan Kewarganegaraan dari jam 10.00 sampe jam 12.00 (masing-masing dua jam).

Bahasa Indonesia? Sebelum mulai, berusaha mati-matian (ga ampe se-hyper itu sih) buat hafalin majas-majas geje yang jumlahnya banyak banget (lebih dari 10). Pas malemnya, gw buka LKS buat coba-coba ngerjain soalnya doank, kira-kira aja soalnya susah ato engga (pas baru ngerjain 2 ato 4 soal, langsung gw tutup tuh buku, ribet banget, pusing, ga ngerti).

Pendidikan Kewarganegaraan? Pas malemnya, gw baca kisi-kisi yang dikasi ma Bu Shinta (banyak booo!), trus berusaha cari-cari jawabannya di catetan, LKS, plus tanya-tanya orang laen (ribet, banyak taon-taonnya plus angka-angka pasal gitu). Sebelum mulai, berusaha hafalin angka-angka geje plus tahun-tahun geje itu lagi.

Hasil? Rasanya janggal deh. Soal bahasa Indonesia-nya banyak yang salah ketik plus banyak yang janggal, banyak yang ga gitu ngerti, banyak yang tebak-tebak; tapi oke-lah, masih bisa kok. Beda ma yang itu, yang Pendidikan Kewarganegaraan langsung bikin gw shocked pas gw baca soal nomor satu (bayangin aja, nomor satu aja dah bikin gw shocked!! apalagi yang slanjut-lanjutnya!!), trus gw lewatin deh tuh nomor, trus gw baca yang nomor dua (gw lebih shocked lagi, WTF!!!, kok bisa-bisanya nih soal bikin gw shocked ampe gini!!); tapi, soal-soal yang selanjutnya dah lumayan lah (shock gw dah habis kemakan ma tuh dua soal).

Hari kedua ulangan umum

Hari kedua, which is hari ini, Jumat, 28 November 2008.

Hari ini tuh ujian Bahasa Inggris plus TIK (Teknologi Informasi Komputer; bener ga sih singkatannya?), dengan jadwal waktu yang sama.

Bahasa Inggris? Pas malemnya, gw ngerjain soal di buku latihan Ujian Nasional yang baru aja gw beli di Gramedia Citraland pas hari Rabu (lagi diskon 30% booooo!!), iseng-iseng doank, daripada bukunya ga dipake n ga ada persiapan sama sekali; ngerjain dua paket soal, lumayanlah. Pas sebelum mulai, geje deh, ga tau mo belajar dari mana.

TIK? Pas malemnya, baca-baca kertas yang dikasi buat kisi-kisi plus tanya-tanya orang buat yang esai yang belum dijawab n ga ada di buku. Pas sebelum mulai, berusaha hafalin jawaban esai dari kisi-kisinya (berhubung hampir 100% bakal keluar) n baca ulang yang pilihan ganda.

Hasil? Ujian Bahasa Inggris ngebuat gw shocked pas nomor satu (mirip2 pas Pkn gitu deh), ga ngerti deh jawabannya apa; tapi yang belakang-belakang lumayan lah, ga buruk-buruk amat. Ujian TIK agak melegakan, ga susah sih, tapi janggal aja; dari kisi-kisinya keluar banyak (hampir semua.., untung aja gw brusaha hafalin tuh kisi-kisi), yang esai agak ribet sih, tapi lumayanlah.

1 comment:

Anonymous said...

ho-oh
BI gw remed
sebagai WNI
GW MALU