Wednesday, December 17, 2008

apa kabar psoriasis..?

Well.. well.. (geje amat).., stlah beberapa lama (yang terasa sudah terlalu lama) menderita Psoriasis (entah bener ato ngga, berhubung gw bukan dokternya), perkembangan-perkembangan, baik buruk maupun baik, terus aja terjadi.

Perkembangan terakhir sejak my last post tentang hal ini yaitu psoriasis ini bertambah baik (maksudnya bukan makin berkembang dengan baik tapi proses penyembuhannya berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti kecuali bekas yang belum mau hilang juga plus kadang-kadang gatel).

Tentu aja, melihat hal itu, gw seneng-seneng aja. Jalan keluar dari rumah makin enjoy berhubung ga perlu terlalu mikirin apakah bintik-bintik merah gw keliatan ato engga plus segala macem lainnya.

Sayangnya, ada hal yang bikin gw sebel. Si dokter tuh kalo ditanyain tuh jawabannya itu-itu aja. Pas gw nanya tentang kuku-kuku gw yang mulai disorder, dia jawab 'olesin aja dikit-dikit'. Pas gw nanya tentang bekas yang ga juga ilang (well, gw ga mau badan gw berbekas kayak gini), dia jawab 'pake aja bedaknya', gw nanya lagi 'emangnya ga ada yang laen?', dia jawab 'pake bedak aja cukup, entar juga ilang'.

Hal lain yang bikin gw sebel yaitu biaya pengobatan gw selama ini tuh udah super mahal menurut ukuran standar gw. Seminggu tuh bisa ngabisin sekitar ***. Well, pas awal-awal pengobatan mah oke-oke aja, namanya juga jarang-jarang sakit, sekalinya sakit ya bisa dianggep sebagai tombokan buat yang dulu-dulu. Tapi, makin lama malah makin keterusan beli tuh obat, suntik lah, salep lah, lotion lah, bedak lah. Sumpah deh, mahal banget. Bangkrut kali kalo beli obat mulu (yah, meskipun bokap-nyokap bilang kalo yang penting tuh bisa sembuh, gw tetep aja sebel).

Alhasil dari kekesalan gw (bukan kesel sih, lebih ke ke usaha buat mengurangi pengeluaran yang sebegitu banyaknya) plus saran tiba-tiba dari my auntie plus my grandpa plus bintik-bintik gw yang bisa dibilang tinggal bekas doank, gw berani-beraniin buat nyoba alternatif lain buat psoriasis gw ini.

Percobaan itu gw lakuin sekitar hari Selasa, 9 Desember 2008 sampe Kamis, 11 Desember 2008 (minggu lalu, berlangsung selama 4 hari penuh kenekatan). Yang gw coba tuh berupa cuka plus obat salep yang pernah dikasih sama my grandpa. Kabarnya, cuka yang dipanasin bagus buat kulit (terbukti dari kata tetangga disono yang bilang kalo gigitan nyamuk yang bertanda pas dipakein itu bisa hilang). Kalo obat salep itu, gw juga pernah pake dikit-dikit di tangan, hasilnya ga gitu jelas (tapi setau gw ga memburuk).

Malem pertama make cuka, besok paginya tuh kayaknya telapak kaki gw membaik (seneng donk gw, apalagi berkat terbebas dari obat dokter yang lengket plus super mahal). Pas paginya, berhubung ga mungkin pake cuka pagi-pagi berhubung baunya itu sungguh sangat mematikan asa plus mampu menimbulkan malu tak tertahankan, gw pake obat my grandpa. Trus intinya, secara bergantian, gw pake tuh cuka sama salep.

Hasilnya yaitu bintik-bintik merah tersebar lagi dengan sangat super cepatnya di satu badan gw (when i said one body, i really meant it, literally). Dan tentu aja, gw shocked lagi. Sebenernya sih, gw udah sadar kalo bintik-bintik itu nambah, cumannya, gw tetep nekat aja entah kenapa. Sialnya, nekat gw tuh baru berhenti ketika bintik-bintiknya nyebar begitu banyak.

Akhirnya, tentu aja, gw balik lagi ke si dokter mahal dengan obatnya yang mahal. Setelah disuntik plus makan obat dia plus make salep dia plus bedaknya selama 6 hari ini, keadaan gw membaik dengan cepat dan hampir-hampir tinggal bekas. Amin.

2 comments:

Marsello (Triple-M Tour) said...

hi, mau tanya ya.

untuk pengobatan psoriasi dari dokter mana, biaya nya berapa, lokasi dokternya dimana.

pengobatan "nekat" yang pake cuka gimana ??

soalnya ade saya juga kena psoriasis dan skrg lagi kumat.

thanks ya

Vialli said...

trnyata saya bukan psoriasis,
kata dokter saya yang 'baru', saya kenanya eczema (katanya, psoriasis ga bikin gatel ampe segatel yang saya rasain)..
trus, saya baca di internet, emang banyak yang salah ngira eczema sebagai psoriasis n sebaliknya.. (cek di webmd.com)

cuka?
kayaknya sih ga mempan buat saya.
lagian, terlalu keras, bisa bikin kulit ngelupas.
tapi sapa tau situ cocok, kan tiap orang beda2, coba aja di bagian tertentu dulu.

dokter?
kmaren itu sih saya ke dokter di Muara Karang Raya, Jakarta Utara. Seminggu nya sekitar 1jt an (mahal banget.. ngisep darah tuh dokter).
harusnya sih di rumah sakit gitu, yang ada dokter kulitnya, bisa.
ngm2, klo punya Media Kawasan (majalah gratis yang dibagiin ke rumah2), disono ada iklan yang tentang psoriasis (di laser ato apa gitu, di Kelapa Gading kalo ga salah).