Monday, July 28, 2008

New Moon -- Stephenie Meyer

Ga lama setelah baca Twilight (dan tentu aja udah fall in love berat sama Edward), gw langsung baca New Moon berhubung ga rela ngelepas cerita itu gitu aja dan berhubung udah beli juga (belinya barengan sama Twilight).

Pas baca resensi New Moon di belakang bukunya, Jacob Black disebut-sebut dan Edward ga disebut sama sekali (gw ngeri banget kalo Edward hilang gitu aja). Saat itu juga, gw yang baru aja selesein Twilight langsung berusaha inget-inget lagi tentang akhir dari cerita di buku itu. Pas diinget-inget, kayaknya mereka oke-oke aja tuh, ga ada gangguan segala macem, bahkan akhir ceritanya so sweet banget (gw suka banget sama kata-kata Edward yang di halaman terakhir, "... cukup untuk selamanya." kalo ga salah sih gitu).




Sontak, berhubung gw penasaran sama kelanjutan hubungan si Edward sama Bella ditambah penasaran sama apa yang dimaksud resensi di belakang tuh buku, gw langsung baca dan sama pas kayak baca buku pertama, langsung tertarik mulai dari segala macem embel-embel (kata pengantar yang lebih panjang, blabla, daftar isi yang mulai ngebuat gw ngebayangin apa yang mungkin terjadi) yang ada sebelum baca isinya.

Pas baca New Moon (agak geli sendiri sih sama artian Indo nya--Dua Cinta-- kalo diinget-inget), gw bener-bener ga nyangka si Edward bakal ngelakuin hal itu (nyangka sih, tapi ga kepikiran kalo dia bakal setega itu) sama Bella. Rasanya bener-bener sedih, down, kehilangan, sebel, ga nyangka, ... (apalagi pas Bella mau meluk dan cium tapi si Edward cuma kecup sedikit terus pergi gitu aja).



Meskipun masih tetep romantis kayak di Twilight, di New Moon lebih pekat rasa sedihnya (ngebuat gw hampir nangis setiap saat, sial banget pas baca ada yang ngeganggu). Sedihnya tragis banget sampe ngebuat kita ngerasa ikutan tragis.



Di bagian awal sampe ke pertengahan (malahan mendekati akhir kalo ga salah), Edward ga ada tapi ada (bingung kan? heuheuhe.. baca d.. gw ga pengen jadi spoiler). Walaupun dia ga ada, dia seakan-akan tetep ada disana, rasa romantisnya dia masih kerasa banget, rasa perhatiannya dia, sensasinya dia masih terus ada. Yang paling ngena tuh pas berkali-kali si Bella berusaha buat mempertahankan Edward yang ga ada.



Si penulis ngajak kita masuk ke dunia suram yang super suram, ngebuat kita ngerasain gimana rasanya kehilangan seseorang yang sangat dicintai dan berusaha mempertahankan orang tersebut sebisa mungkin dan berharap andai aja kita ga kehilangan dan berusaha sebisa mungkin mempertahankan gambaran orang tersebut.

Ngebuat kita ngerasain betapa susahnya bangun dari ketragisan itu meskipun kita udah berusaha sekuat tenaga, ngebuat kita tahu bahwa cinta emang sehebat itu. Sampe ngebuat kita sadar kalo sekuat apapun ngelawan suatu rasa (apalagi rasa cinta) yang emang udah ada adalah hal yang hampir mustahil sebab rasa emang ga bisa boong.

Sama kayak di Twilight, cerita cintanya dibumbui dengan segala macem kejadian menegangkan yang bikin deg-degan. Ngebuat kita pengen nyelesaiin secepetnya dan nyesel karena selesai kecepetan.



Sama efeknya kayak Twilight (agak lebih gede sih impact nya), gw mimpiin Edward mulu dan sampe sekarang masih 'meleleh' kalo inget segala sesuatu tentang Edward (entah dengan disebut namanya, tiba-tiba lewat di otak gw, blabla).



Dan sekarang, gw lagi dilema soal beli Eclipse n Breaking Dawn edisi Inggris ato nunggu Eclipse yang baru bakal keluar di Indo Oktober nanti. Rasanya ga sabar buat 'ngeliat' Edward lagi dan ga sabar buat nonton filmnya yang bakal keluar Desember nanti (moga-moga aja kluar di Indo n ga mengecewakan).

2 comments:

Michael said...

kayaknya ini novel keren banget ya bo..
gw liat covernya sih keren juga
hehehehe
cewritanya ttg vampir2 gitu ya?
ngeri juga ya..
tapi ceritanya romantis ya?
ada lucu2nya gak?

Anonymous said...

well walo novel ini critanya ttg vampir2 gitu tapi ga serem kok malah cenderung drama romantis tapi juga tetap seru ada actionnya.

Udah baca The host blum? ini bukunya stephenie meyer yang lain genrenya science fiction gitu, keren abiz. Baca reviewnya di http://blog.kutukutubuku.com