Thursday, August 14, 2008

obrolan klas XII --> uni mana? --> mayoritas ras yang ada + urusan mahalnya pergaulan

Akhirnya Eclipse gw nyampe juga (stlah mlewati beragam dilema antara bli n ga). n sampe saat ini, gw baru baca 1 bab. oke lah, masi bisa ngerti...

td, di skola ad lomba buat nyambut 17an. kayak taon2 kmaren, gw ikut kalo dipanggil doank (alias kurang orang). taon ini, blm kena panggilan, heuheuhe, jdnya blm maen, lagian yg butuh banyak orang blm dijalanin (tarik tambang, yel2).

mskipun ga blajar, hr ini rasanya capek, bawaannya pengen di ruma aja, brhubung tngorokan lg sakit n rasanya pengen tidur mulu..

td, pas yg laen2 lagi lomba, kta2 duduk di pinggir lapangan, geje gtu.. ngobrol2.. duduk2.. maen hape.. blablabla..

obrolan hari ini balik lagi ke soal uni mana yang mo dipilih abis slsein SMA. lagi2 itu n kyknya tuh topik ga bakal basi ampe kita lulus n bener2 udah masuk n ngejalanin uni deh.

topik uni hari ini menjurus ke urusan pergaulan di uni. berputar antara mayoritas ras yang ada dan urusan mahalnya pergaulan, urusan yang laen2 (kayak biaya, jauh ga jauh, bagus ga bagus, dikesampingkan dulu).

buat gw, beda ras oke2 aja. gw ga ganggu, dy ga ganggu. pikiran negatif mendingan di minimalisir meskipun banyak fakta yang diungkapkan media massa maupun orang2 di sekitar kalo ras ini begini lah, begitu lah. buat gw, yg sharusnya lebih dipikirin tuh sisi positifnya, seburuk apapun yang terlihat, ga semuanya kayak gitu, bahkan yg terlihat jelek tuh palingan cuma minoritas yang memang kurang berpendidikan.

masa sih, pas lu masuk suatu uni yang oke, apalagi yg mahalan punya, seburuk2nya ras itu dipandangan masyarakat, mereka bakal ampe sebegitu buruknya? apa lu ndiri ga mampu masuk ke uni yang oke ampe bisa2nya masuk ke uni yang penuh sama orang2 barbar gitu?

itu menurut gw. menurut temen gw, sebisa mungkin jangan deket2 sama bahaya. yah, sekalipun bahaya itu belum brasal dari pengetahuan sendiri dan datangnya tuh dari media massa ato pengalaman sodara.

bahkan, pas dy blabla gtu tadi n gw bilang blabla gw, dy bilang, lu mau ampe diperkosa dulu?

yah, menurut gw sih, emang ga menutup kemungkinan kalo bakal terjadi entah apa itu yang buruk banget kalo kita keluar dari lingkup mayoritas ras kita ke lingkup dimana ras kita itu cuma segelintir (minoritas doank). tapi, apakah sebagai manusia berpendidikan, pikiran kita harus sesempit itu mengenai ras lain, skalipun memang pada dasarnya, kedua ras tsb memang saling meremehkan satu sama lain?

yah, oke lah, pikiran gw juga suka sempit ttg hal2 tertentu. kalo pikiran kita memang sudah sesempit itu, tapi apa ga bisa kalau pikiran tersebut hanya sempit di bidang2 tertentu saja, sesuai dengan porsinya?

buat gw, seburuk2nya seseorang, pasti ada baeknya juga, tergantung gimana caranya lu mau ngeliat.

---

dari urusan mayoritas ras, pindah ke urusan mahalnya pergaulan. hal itu bisa kejadian kalo kita2 yang biasa2 aja gaya hidupnya (pergaulannya) masuk ke uni yang mahal yang diisi oleh orang2 tajir (mungkin ada yang ga) yang pergaulannya tuh kelas atas (dandan, blanja, ngeluarin duit deh pokoknya).

yah, meskipun gitu, fasilitas yang ada di uni itu emang bagus, sebanding sama mahalnya biaya yang dikeluarkan, tapi, masalahnya, apa lu bisa nyeimbangin gaya hidup high class nya orang2 sono ato lu mau jadi si terasing.

buat gw, karena fokus gw masuk ke uni lebih mengarah ke blajar n dapet pengetahuan plus dapet sertifikat yang baru bisa didapet stlah ngabisin hampir skitar 18 taon buat blajar di tempet pendidikan formal (mungkin lebih, apalagi kalo ga lulus2), gw mikir kalo sebisa mungkin, gw masuk ke uni bagus yang bisa gw seimbangin sama diri gw sendiri, dapet fasilitas super, dapet sesuatu yang lebih dari apa yang bakal gw dapet di tempet laennya, bahkan bisa ngasih gw kesempatan buat berkembang ke luar negeri (berhubung uni yang kita omongin ini punya banyak koneksi ke luar negeri).

itu semua jadi tujuan gw, tujuan akhir gw yang pengen gw dapet ketika gw lulus nanti. yah, sekalipun pergaulan, temen, social life juga ga kalah penting. meskipun gitu, tiap manusia, entah kapan itu, pasti suatu saat harus nentuin prioritas ketika mereka ga bisa ngedapetin semuanya.

jadi, ketika prioritas itu udah fix, apalagi keadaan mendukung (ketidak mampuan mengikuti pengeluaran duit yang super boros itu plus embel2nya), knapa ga berusaha mencapai tujuan sebaik2nya? lagian, emangnya di seluruh penjuru uni itu, ga ad seorang pun dengan misi yang sama kayak lu? ato paling engga, ga se'wah' itu?

buat temen2 gw, mereka ga yakin (ato mungkin, meyakini diri mereka kalo mreka ga bisa) kalo mreka bisa hidup di uni slama itu dengan menjadi seorang yang terasing.

yah, pergaulan penting. penting banget malah. tapi, ketika lu tau lu ga cocok, apa diri lu sebegitu desperate nya ampe musti mencocok2an diri padahal ga ad keharusan (meskipun mungkin bakal terasa 'harus')?

kata mereka, karena itu, mendingan ga usa masuk skalian.

---

kesimpulannya, buat mereka, mendingan cari aman aja, bareng2 orang yang emang udah satu kelompok, bareng2 orang yang emang sejenis, bareng2 sama orang yang cocok. buat gw, knapa ga keluar dari tempet yang biasa kalo kita udah tau keadaan yang biasa, pengalamannya kan lebih terasa ketika kita ga di tempet yang biasanya.

anyway, bittersweet is just perfect.. coz sweet is just too sweet.. ini semua ttg PERJUANGAN!!!

2 comments:

Michael said...

um..
mungkin ya..
gw juga gak tau mesti ikut ama pihak siapa dalam debat ini..
tapi kalu kita sendirian
belum tentu seneng kan?
kecuali kalo kita 1 team gitu kuliah di jurusan yang sama
dan berada di kelas yang sama
gw rasa kita juga gak usah berteman ama yang lain
cukup kita-kita aja..
cuman masalahnya
mau gak teamnya?
huhu ^^

Calvin said...

Yah, menurut gw, ada kalanya 'kan kita perlu mikirin hal yang terburuk sekalipun sebelum menghadapi sesuatu. Sama aja kayak lu lagi ada di depan rumah. Menurut banyak orang, jangan pernah masuk ke rumah itu, karena ada banyak penunggunya. Apa lu bakal tetep masuk? Kita juga perlu mikirin hal paling negatif disamping hal paling positif biar kita bisa tahu apakah ada atau nggak balancingnya. daripada kita terus mikir positifnya lalu seperti orang bodoh yang nggak nyadar apa-apa di situnya kita kaget setengah mampus sama apa yang kita hadapi dan akhirnya kita hancur. Lu dulu juga pernah ambil satu contoh seseorang yang ada di kelas kita waktu kelas 2. Lu bilang kalau lu jadi diaa lu nggak bakalan masuk tarq. Tapi udah telat 'kan? Dia dah masuk tarq duluan... Sama aja kalau gue udah masuk di satu lingkungan dimana gue harus survive untuk beberapalama. Berarti gue bakal sama kayak yang kita omongin di kelas 2. bisa-bisa banyak yang ngomongin gue sama kayak dulu kita omongin di kelas 2. bwat gw, kalo emang kita bakalan kuliah di luar negeri, itu kan bakalan bener-bener beda luarbiasa. Seperti yang lu bilang, lu pingin yang gak biasa. Tapi, di Jakarta, menurut gw, hampir semuanya sama aja. Paling cuma fasilitas. Yah mendingan, gue pilih yang paling biasa-biasa aja karena gak ada yang bener-bener luar biasa di pikiran gue. Anyway, kita kan punya cara pandang masing-masing. Kalau gue sih, tipe yang gak gitu suka jadi orang buta yang masuk sarang macan..... Mendingan gue pilih yang biasa-biasa aja dimana gue bisa jalan lurus untuk numpang lewat daripada gue mesti nyelamatin diri gue setengah mati buat numpang lewat di sarang hewan buas....

Hmmmmm....
^^^^^^^