Thursday, August 21, 2008

Perjuangan

Akhir2 ini, berhubung olimpiade cuma berlangsung slama 4 taon skali (dan taon ini di Beijing, China jadinya disebut2 Beijing 2008), gw berusaha sebisa mungkin buat nonton (yah, berhubung 4 tahun skali tuh ga sering n remembering kalo gw bisa mati setiap saat n ga akan punya kesempatan buat ngeliat).

Gw ga nonton banyak sih, beberapa doank, berhubung musti pake antena buat nonton n kebetulan, antena nya tuh dipasang di kamar my Kong2, jadinya klo mo nonton musti ke kamar dy.

Gw sempet nonton beberapa cabang, bulu tangkis, triathlon, voli, voli pantai, renang, lari, lari gawang, sepeda track, taekwondo, gulat, basket, tenis, tenis meja, senam (kayaknya itu2 aja deh yg gw tonton).

Tenis, mungkin agak lama, tapi ga sampe 5 jem tiap pertandingan (tergantung pemain).

Bulu tangkis, ga sampe dua jem an tiap pertandingan.

Triathlon, agak lama an, skitar hampir dua jem an.

Taekwondo, ga lama, skitar 6 menit, kecuali ditambah waktunya gara2 skor sama.

Voli, voli pantai, tenis meja, sepeda track, gulat, senam, ga lama2 amat (tergantung divisi nya juga sih, tapi, overall, ga lama2 amat lah, ga ampe tiga jem an).

Lari, lari gawang, renang, cepet banget, ga sampe dua menit, ga sampe satu menit malah (tergantung divisinya juga sih, berapa meter dll., tp, overall, ga lama2 banget lah).

Rata2, tiap pertandingan di cabang2 yang ada cuma menghabiskan waktu skitar kurang dari satu jam. Tapi dilihat2 lagi, cabang2 di olimpiade itu digunain atlet2 dari seluruh penjuru dunia buat dapetin emas, harumin nama negara, memperkenalkan diri kepada dunia (ini loh gw!!), membuktikan diri sendiri.

Semua jerih payah yang dilakuin dari kecil (kalo si atlet berlatih dari umur balita ampe gede) ampe ke waktu penyelenggaraan olimpiade itu sendiri. Yah, hitunglah kalo si atlet berlatihnya tuh 4 tahun sebelum olimpiade baru dimulai, itu aja udah berarti kalo si atlet nghabisin waktunya buat berlatih (biasanya 6 hari seminggu), nyiapin diri (mental n fisik) selama 4 tahun.

Hitunglah kalo minimal 4 tahun mereka berlatih. Dan dalam waktu yang super singkat (kurang dari satu jam), mereka mempertaruhkan hasil jerih payah mereka ke dalam beberapa waktu singkat itu.

Perjuangan mereka bener2 gede. Bayangin aja lah, dalam empat tahun, seorang manusia udah bisa ngelahirin paling engga 2 anak (kalo ga kembar), anak SMP udah jadi anak SMA (kalo naek kelas terus), inflasi di dunia ini udah naek entah berapa persen (di Zimbabwe, naeknya ampe gila2an, hitungannya tuh udah jutaan persen), dll.

Semua waktu yang ada selama 4 tahun itu mereka gunain buat latihan, buat ngolah diri, jiwa n raga, nyiapin segala2nya, dan mungkin buat mempertahankan yang udah dia dapet (kalo umpamanya dy udah sempet ambil medali di olimpiade sblumnya).

Kalo seumpamanya yang terjadi (n pastilah banyak kasus kayak gini, berhubung yang ikut dalam suatu cabang tuh banyak banget atlet nya) adalah ini:

(min) 4 tahun latihan -> waktu singkat -> gagal

dan bukannya ini:

(min) 4 tahun latihan -> waktu singkat -> medali (emas/perak/perunggu).

Kalo itu yang terjadi, bukannya miris banget?

Yah, mo gimana lagi, namanya juga perjuangan.

Kalo dibandingin, anak2 sekolah (termasuk gw) suka mikir kalo apa yang kita lakuin ga setimpal sama apa yang didapet:

Belajar selama 6 tahun di SD, kalo ga lulus SD gara2 ujian nasional (apalagi kalo gara2 ujian sekolah) merupakan hal yang mengerikan.

Belajar selama 3 tahun di SMP, kalo ga lulus SMP gara2 ujian nasional (apalagi kalo gara2 ujian sekolah) merupakan hal yang mengerikan.

Belajar selama 3 tahun di SMA, kalo ga lulus SMA gara2 ujian nasional (apalagi kalo gara2 ujian sekolah) merupakan hal yang mengerikan.

Anak sekolah sering mikirin itu. Belajar selama itu (bertahun2, apalagi kalo ditambah sama tahun2 ketidak naikan kelas) cuma disetarain sama soal yang dikerjain selama beberapa jem doank (ga sampe sehari, ga sampe dua jem buat tiap mata pelajaran).

Dilihat2, perjuangan kita sama atlet2 itu, lebih berat perjuangan atlet2 itu.

Bayangin aja lah, ada yang latihan intensif lebih dari 4 tahun (bahkan mungkin latihan hampir seumur hidup nya) n cuma dipertaruhin dalam ga sampe 10 detik. Yang miris, kadang2 cuma beda 0,0... detik. Apa ga sakit ati tuh?

Kalo anak2 skolah, skolah kadang2 ngebolos, males2an (kayak skolah tuh ga pake bayar aja), maen2, ga serius, n masih bisa diperjuangin selama beberapa jam. Yah, kadang miris juga sih kalo beda nilai yang didapet sama yang diharuskan tuh cuma 0,....

(yah, dalam hal ini, bisa ditangkep kalo 0,... tuh bukan cuma 'cuma' tapi super efek nya karena bisa ngebuat hidup kita seakan jungkir balik)

Overall, perjuangan itu emang perlu dilakuin.

Ga perlu ngeluh lah (yah, wajar lah kalo manusia ngeluh, tapi yang sewajarnya aja lah, jangan hyper, mendingan mikir gimana cara berjuang yang lebih baik n ngelakuinnya daripada ngeluh).

Jangan suka mengasihani diri sendiri n jangan ngangep diri sendiri yang paling hebat berhubung diluar sana (entah dimana itu), ada seseorang yang mungkin lebih oke, hebat, jago, tahan banting daripada diri kita sendiri.

Inget kalo apa yang kita usahakan, bakal berbuah sesuatu. Kalo yang kita usahakan sedikit, hasilnya bakal sedikit. Kalo yang diusahain banyak, hasilnya bakal banyak. Paling ngga, kita harus usaha.

Meskipun setelah berusaha sebisa mungkin tapi tetep ga mendapatkan hasil yang paling baik, jangan curang (banyak atlet yang doping n malah musti dikeluarin dari pertandingan, bahkan ga diakui lagi; ada anak sekolah yang nyontek n langsung dikeluarin sekolah). Inget, ketika kita udah usaha yang bener2 maksimal, paling ngga, hasil yang kita dapet yaitu berada di dalem top list. Inget kalo ga semua orang mampu ada di dalem top list. Jadi, daripada curang n ga bisa masuk top list gara2 itu, mendingan main bersih, bertahan di top list, n berjuang berada di tempat teratas di top list.

Anyway, perjuangan itu penting. Proses itu penting. Tapi inget, sepenting2nya proses itu, hasil lebih penting, berhubung tanpa hasil, proses ga bakal dilihat (sapa coba yang mo ngebahas perjuangan orang yang gagal? biasanya, yang dibahas sama orang2 kan perjuangan orang2 sukses mencapai sukses nya, ya kan?).

Jadi, berjuanglah sebisa mungkin, sehebat mungkin, semaksimal mungkin n dapatkanlah hasil yang super, semaksimal, setinggi, sehebat mungkin.

bittersweet is just perfect.. coz sweet is just too sweet.. ini smua ttg PERJUANGAN!!!

1 comment:

Anonymous said...

yupz, emang bener tuh semua yang kita lakuin adalah perjuangan,, gak peduli akhirnya gimana, yang penting berjuang dulu..
lagian, belajar di sekolah ituh kan bukan untuk UN doank, tapi untuk hidup selamanya..
Contoh, klo orang tamat SMA, pasti ketemu lagi ama pelajaran2nya dulu di PT, klo gak ngeh yah menderitalah..
Terus, misalnya klo masuk PT jurusan bisnis *contoh nih yee*, kan bisa diterapin tuh pas udah kerja.

ya, bener. jangan hiper merasa menderita..


*akhirnya gw ol juga..pa kabar V?*