Tuesday, July 7, 2009

my atopic dermatitis...

Well, well, dah lama banget klo dipikir-pikir sejak eczema gw pertama kali muncul. Kalo dihitung-hitung, udah lebih dari satu tahun (yah.., satu tahun lebih satu bulan an lah).

Gw masih inget banget pas eksim gw lagi parah-parahnya. Pas itu tuh, gw musti masuk skolah n tiap mo ke skolah jalan kaki, gw parno sendiri berhubung tangan plus kaki gw merah-merah parah. Malunya tuh ga kebayang, apalagi kalo udah di sekolah, rasanya tuh janggal banget. Gw ga kepikiran gimana caranya gw ngelewatin momen super itu.

Luckily, sampe saat ini, eksim gw terus-menerus membaik. Merah plus bengkak parah kayak yang dulu pernah muncul, sekarang udah ga pernah muncul lagi. Yah, kadang-kadang masih muncul dikit-dikit (apalagi sejak gw mulai naik bus 2 minggu an ini), tapi dalam kadar yang masih bisa terkontrol dan ga bikin gw panik berat n stres kayak dulu.

Yang ampe sekarang kadang-kadang bikin gw kesel adalah scalp (kulit kepala) gw. Berhubung eksim gw dari ujung kepala sampe ujung kaki, tentu aja kulit kepala gw juga kena. Dan sampe sekarang, inilah yang paling susah gw kontrol.

Pas sebelum naik bus 2 minggu an ini, gatel-gatel n kekeringan di scalp gw tuh udah lumayan banget (apalagi sejak pake sabun S$25 bernama Eumora Soap --ck ck, super duper mahal mengingat ukuran sabunnya yang super duper kecil, yah, meskipun gitu, efektif banget sih sabunnya). Tapi, sejak naik bus, scalp gw mulai bermasalah lagi, mulai gatel ga jelas lagi.

Yang paling nyebelin dari semua itu, gw ga bisa ngontrol diri gw sendiri buat nahan tangan gw biar ga ngegarukin scalp gw. Itu bener-bener bikin gw kesel sama diri gw sndiri (termasuk hari ini, pas pagi n pas mandi sore, gw ngegarukin kepala gw n bikin luka di scalp gw ndiri).

Kalo gw bilang sih, salah satu faktor yang bikin gatel lagi tuh gara-gara banyaknya angin berpolusi yang bertiup n nempelin debu di rambut n scalp gw. Eugh banget deh.

Bukan cuma kepala gw yang ditiup angin berpolusi itu, tapi leher gw juga, yang nyebabin kulit di sekitar tulang belikat gw juga ikutan berbintik-bintik (berhubung bagian leher kan ga ketutupan kaos). Selain itu, bagian pergelangan tangan sama punggung tangan gw juga sempet merah-merah n berbintik, dan gw harus pake jaket kalo naik bus berhubung kalo ga dicegah, malah bisa lebih parah lagi. Dan sejak ngeles, gw juga jadi sering pake jeans dan kayaknya, jeans ngebuat paha bagian belakang gw juga ikut-ikutan berbintik-bintik (which is bikin gw agak ngeri dan belum gw temuin solusinya, berhubung kalo pake celana yang bukan bahan kain selalu kayak gitu).

About my night time, sekarang sih udah lumayan. Dah ga segatel dulu, jadinya bisa tidur lebih nyenyak. Dan minggu lalu (akhir minggu pertama dan minggu kedua gw ngeles), gw bisa tidur nyenyak banget, bahkan gw dah ngantuk dari jem 8 dan bisa tidur tanpa kebangun sedikit pun (beda banget sama dulu, pas gw sama sekali ga bisa tidur plus kebangun-bangun terus ga jelas n baru bisa tidur jam 4 ato 5). Mungkin efek dari shock gara-gara tiap hari musti pulang-pergi naik bus plus belajar n ngerjain peer.

Tapi minggu ini, gw mulai ga bisa tidur lagi. Jem 12an selalu kebangun dan jem 3an juga kebangun lagi, which means sama lagi kayak dulu mskipun dalam tahap yang lebih oke berhubung tidurnya lebih nyenyak daripada yang dulu.

Jadi, sekarang tuh gw pake sabun Pinetarsol bar (belinya di Guardian di Spore, titip my sis beli, berhubung disini kaga ada) dan kalo sampo, gw lagi nyoba-nyoba pake Johnsons baby shampoo (minta sepupu balita gw berhubung buat test drive dulu n sampe saat ini sih, oke-oke aja setelah dipake skitar lebih dari seminggu). Trus, buat moisturizer, gw tetep pake pelembab dari Dokter Yohannes (aka Agung) yang di Muara Karang itu. Sekarang, gw juga ga pake obat salep apa-apa, kecuali kalo lagi bintik-bintik (pake Nutrimoist dari CNI). Tapi, gw minum vitamin-vitamin gitu deh (n hasilnya sih oke banget).

Yah, anyway, overall, semuanya berjalan lebih baik n I'm very happy for myself n many thanks to God.

=P

2 comments:

mike said...

syukurlah dan terima kasih Tuhan kau semakin membaik, sahabat =)

Anonymous said...

I'm newbie here, I hope to get friends at this forum