Monday, July 6, 2009

Naik Bus (lagi lagi)

Another days with bus.

Yah, kalo dipikir-pikir lagi, naik bus itu tuh banyak enak n ngga enaknya (which is, of course, lebih banyak ga enaknya klo buat gw, berhubung naik mobil pribadi ato taksi jauh lebih enak).

Di dalem bus, setelah sekian lama gw naikin (yang belum lama-lama banget), kalo kita naiknya di jam tertentu dan selalu naik di jam tertentu itu, kita bakal ketemu orang-orang yang sama dan di tempat-tempat yang sama.

Misalnya, kalo gw naik bus 02 jem 8 kurang 10 menit an, gw bakal ketemu sama orang umur 20an yang pake masker dan bakal berhenti di dpen terowongan Transjakarta (turun bareng gw), trus bakal ketemu sama bapak-bapak yang pake polo shirt, atau cewe yang rambut nya dicat pirang. Trus, habis itu, di bus Transjakarta, gw bakal ketemu sama cewe yang bakal turun di halte Karet, ato cewe dan cowo yang turun di Ratu Plaza (sama kayak gw). Lucunya, kalo di Transjakarta, kalo duduk di bagian depen, ketemunya orang yang itu-itu aja n kalo duduk di bagian belakang, ketemunya orang yang itu-itu aja. 

JAdi, kalo mo ketemu orang yang sama setiap harinya, pastiin kalo jem naik bus nya selalu sama kayak yang sebelumnya dan tempet duduk yang didudukin selalu di bagian yang sama kayak hari sebelumnya (depen ato belakang).

Trus, about another thing, tentang consideration orang-orang yang naik bus Transjakarta.

Orang-orang tuh kadang (malah kebanyakan) ga punya consideration (bahasa Indonesianya apa sih?) sama orang lain. Misalnya aja, tiang yang ada di dalem bus yang bisa digunain buat pegangan bagi orang-orang yang ga dapet duduk. Bukannya berbagi pegangan (tiang) itu sama orang lain, ada orang yang malah senderan di tiang itu n nyebabin orang lain ga bisa pegang.

Yang kurang ajar tuh kalo orang nya uda tau tangan orang lain ada yang pegangan disono tapi malah tetep aja senderan. Nyebelin banget deh. Which is yang kalo terjadi di MRT ato bus di Singapore (atau luar negeri maju lainnya), pasti diteriakin sama orang lain.

Consideration dalam hal lain juga kurang, misalnya aja, ada ibu yang bawa anak dalam gendongan, kadang malah ga dikasi tempet duduk (jarang banget sih), ato ga, tempet duduk yang dikasih buat si ibu dengan anak itu malah direbut sama orang lain (yang ngeselin tuh kalo cowo yang ngelakuin itu -- pernah kejadian, cowo yang rebut kursi itu malah sok pusing segala macem n bilang kalo dy tuh darah tinggi n hampir pingsan). Kalo dalam hal yang lebih kecil lagi, cowo yang masih sehat duduk enak-enak di depen cewe yang lagi berdiri (well, bukannya diskriminasi, tapi kan etikanya kan begitu, meskipun hal ini ga penting-penting banget).

No comments: