Wednesday, July 1, 2009

Naik Bus

Kalo diitung-itung, sejak gw mulai les, gw sering banget naik bus (well, emang udah harus berhubung kaga ada yang nganter). Sejak gw mulai minggu lalu, gw dah 16 kali bolak-balik Pluit-Senayan dengan 32 bus (16 bus 02 n 16 bus Transjakarta).

Selama naik bus, banyak banget hal yang gw tahu, rasain n liat.

Pertama, kalo lewat beberapa menit aja dari jam 07.45 an, bus 02 bakal penuhnya ampe sesak. Kayak pas hari ini, gw naek bus 02 jam 07.50 an n busnya tuh lumayan rame. Sialnya, hari ini, ban busnya bocor n semua musti turun di deket tikungan deket SDN berapa gitu n naek bus 02 yang ada di belakang n berhubung dah jam segitu, busnya super duper rame.

Kedua, bukan cuma bus 02 doank yang kayak gitu, kalo dah lewat jem 7.30an, bus Transjakarta (arah Kota - Blok M) ramenya bukan main. Orang yang ngantre masuk ke dalem bus super banyak n semua orang klo mo masuk saling pepet memepet (gw ga tau deh sapa yang duluan mepetin orang-orang).

Ketiga, kalo lagi untung, bisa dapet bus yang sepi penumpang. Enak banget bisa duduk (apalagi kalo pas semalem kurang tidur, jadinya bisa tidur dulu bentar sebelum ngeles).

Keempat, bus 02 kalo ke arah Pluit pas jam 15.50 an rame pas di kota. Tapi ntar kalo dah di skitar muara baru (kalo ga salah nama), pada turun, kalo ga, di pasar ikan. Trus bener-bener hampir kosong pas di depen Pluit Village (used to be Mega Mal).

Kelima, bus Transjakarta yang dari Kota ke Blok M, biasanya jadi sepi setelah ngelewatin halte Karet.

Keenam, ada aja yang ngasih ASI langsung dari sumbernya di bus Transjakarta (selama ini sih, gw baru ngeliat dua kali --termasuk lumayan berhubung gw baru 8 hari beredar di Transjakarta terus-menerus). Jadi, di bus yang rame n sesak (gw berdiri di belakang, klo ga duduk di belakang), si ibu ngasih ASI dari (ehm) payudaranya ke anaknya yang berisik (nangis-nangis geje, gerak-gerak ga mau berhenti). Prosesnya: anak nangis ga jelas dah agak lama, ibu kesel, ibu ngegendong anaknya, ibu ngangkat bajunya, ibu buka tutupan sebelah bra nya, mulut si anak ngedot, anak diam.

Ketujuh, ada aja orang yang nekat masuk ke dalem bus Transjakarta padahal pintunya udah bergerak nutup n rela anggota badannya (atau badannya sekalian) kejepit sama pintu. Ada yang nyelipin tangannya dalam usaha sia-sia buat masuk ke dalem bus, ada yang nyelipin kakinya, dan yang paling parah, ada yang nyelipin badannya (dari atas ampe bawah) plus kejepit dari atas ampe bawah. Dan yang ngelakuin itu ga cuma anak muda doank, tapi yang tua juga (tentu aja, yang seekstrem satu badan ga mungkin dilakuin yang dah tua). Tapi, dari semua yang gw liat, semuanya dilakuin oleh cowok (kalo cewe kan ga berani lah kejepit kayak gitu).

Kedelapan, kadang-kadang (yang biasanya sering), halte yang mo jadi perhentian ga jelas pemberitahuannya. Nama tiap halte yang jadi perhentian ga dikasi tau lewat speaker atau kalo pun dikasih tau, itu tuh halte yang udah lewat atau baru bakal lewat setelah halte yang seharusnya disebut. Jadinya, orang yang ga tau kan jadi bingung (yah, meskipun bisa nanya sama penjaga pintunya atau penumpang lain) dan yang kasian tuh kalo salah turun atau kelewatan halte yang seharusnya.

Kesembilan, kadang-kadang musti nunggu agak lama (ga lama-lama banget, ga sampe sepuluh menit). Bus Transjakarta yang datengnya lama, biasanya tuh datengnya berderet-deret. Jadi, kalo dah nunggu agak lama, bus yang entar nyampe tuh bisa 3 sekaligus (mungkin gara-gara macet ato semacemnya kali ya, jadinya tersendat).

Tentu aja, yang paling berkesan buat gw sih ngeliat orang ngasi ASI langsung di bus dan gw ngeliatnya bukan cuma sekali tapi dua kali. Ck ck. Gw ga bisa ngebayangin rasanya buka baju, memperlihatkan (meskipun tujuannya bukan ngasih orang liat) bagian tubuh tersebut di depen banyak orang.

Yah, kalo dipikir-pikir, kayak gituan sih emang mo gimana lagi kalo anaknya nangis, tapi kan orang-orang juga jadi ngeliatin (termasuk gw). Meskipun niat gw bukan ngeliatin tapi entah gimana mata gw ngarah kesono berhubung penasaran sama apa yang ga lazim buat gw (berhubung baru pertama kali gw ngeliat kayak gituan di bus). Dan kalo buat gw, (mungkin kalo cewek ngeliatin masih gapapa) seandainya cowok yang ngeliat juga mo gimana lagi, hal yang ga lazim emang ngundang perhatian. Jadi, ga bisa disalahin juga kalo orang-orang noleh atau mandangin apa yang lagi terjadi.

No comments: