Saturday, February 16, 2008

'Buy 1 Get 1, Buy 2 Get 2'



Tadi pagi (16/02/08, sekitar jam setengah 10), koran dibaca. Pas sampai di bagian pertama (Kompas kan ada beberapa bagian tuh) yang halaman paling akhir, dipertemukanlah mataku dengan iklan ini dan mulai gelilah diriku ketika membacanya.

Ditulis 'buy 1 get 1, buy 2 get 2', bukankah artinya 'beli satu dapat satu, beli dua dapat dua'? Bukankah hal tersebut memang sudah seharusnyalah seperti itu, kita membeli satu barang, yang kita dapatkan pun hanya satu, kita membeli dua barang, yang kita dapatkan pun dua, sehingga hal seperti itu tidak perlu lagi diiklankan?

Seperti biasa, tentu saja, kupikir, pastilah yang dimaksud itu adalah beli satu gratis satu, beli dua gratis dua. Tapi rasanya geli dan janggal kalau melihat siapa yang membuat iklan, Honda dan Waterbom PIK. Bukankah kedua perusahaan tersebut termasuk memiliki banyak modal? Apakah mereka tidak memiliki modal untuk membiayai orang yang bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar bila ingin membuat iklan dengan bahasa Inggris?

Rasanya, tidak mungkin sekali kalau kedua perusahaan tersebut tidak mampu membiayai satu orang pun yang mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Jadi, apakah tulisan tersebut merupakan kesalahan penggunaan bahasa atau memang hal itulah yang dimaksud dengan iklan tersebut?

Kalau karena kesalahan penggunaan bahasa (yang saya rasa sangatlah tidak mungkin), bukankah hal itu memalukan? Tidakkah hal itu memalukan bila orang dari luar negri sampai membaca hal tersebut? Tidakkah kita akan ditertawakan? Apalagi bila mengingat bahwa dua perusahaan tersebut memiliki modal untuk membiayai orang yang mampu berbahasa Inggris yang baik dan benar (dan orang tersebut, saya rasa, tersebar banyak di Indonesia ini).

Saya rasa, daripada mengunakan bahasa bangsa lain (entah dengan alasan bahwa agar terlihat lebih keren atau bergengsi), bukankah lebih baik mengunakan bahasa ibu kita sendiri (yang jelas lebih kita mengerti sehingga tidak akan memalukan seperti menggunakan bahasa asing namun tidak dipahami dengan benar)? Bukankah bahasa ibu kita sendiri patut juga dibanggakan?

6 - 16/02/08
21.34

5 comments:

CynThinks said...

Mungkin mestinya buy 1 get 1 free. Buy 2 get 2 free. Tapi menurut saya kalimat yang keduapun sia-sia.. Udah jelas kan kalo beli satu dapet gratis satu, kalo belinya dua, gratisannya otomatis dapet dua.
Salam kenal ya.. ;-)

Vialli said...

tapi, kalau menurut saya, ada perbedaan besar antara 'buy 1 get 1' dan 'buy 1 get 1 free'.

'buy 1 get 1' berarti beli satu dapat satu, sedangkan
'buy 1 get 1 free' berarti beli satu dapat satu gratis (yang artinya, kita dapat dua).

Salam kenal juga!!

Anonymous said...

Mungkin maksudnya melawak.
Karena kebanyakan duit,,sekali2 bikin iklan kocak kan gak rugi. ~kaleeee~

Tapi yaaah...
Mungkin asal ceplos aja, tanpa cek.
Ato yang bikin iklan emang terlalu kreatip.

Anonymous said...

So?
:mrgreen:

Vialli said...

'So?'??